TETRALOGI FALLOT PADA ANAK

Posted by Hidayat | Posted in

Tetralogi Fallot adalah penyakit jantung bawaan tipe sianotik. Pada penyakit ini yang memegang peranan penting adalah defek septum ventrikel dan stenosis pulmonalis, dengan syarat defek pada ventrikel paling sedikit sama besar dengan lubang aorta. Pada Tetralogi Fallot terdapat 4 macam kelainan:

o Lubang di sekat pemisah bilik kiri (left ventricle) dengan bilik kanan (right ventricle)

o Aorta overriding (pembuluh darah utama yang keluar dari bilik kiri mengangkang sekat bilik, sehingga seolah-olah sebagian aorta keluar dari bilik kanan

o Pulmonal stenosis (penyempitan klep pembuluh darah yang keluar dari bilik kanan menuju paru, bagian otot dibawah klep juga menebal dan menimbulkan penyempitan). Dalam hal absent pulmonary valve, klep tak terbentuk, dan terjadi pelebaran pembuluh darah paru (warna biru muda pada gambar kanan). Pembuluh darah paru yang melebar ini dapat menekan saluran nafas, sehingga pasien mengalami sesak nafas, sering infeksi jalan nafas bawah.

o Penebalan otot bilik kanan akibat kerja keras (karena jalan keluarnya terhambat) dan tekanan dalam rongga ini meningkat.

Keempat kelainan utama tersebut mendasari penyebutan TETRALOGI, sedangkan Fallot adalah nama dokter yang pertama kali mendiskripsikan kelainan ini.

(Arief, 2007)
Untuk lebih jelas Download ASKEPnya

Comments (0)

Posting Komentar